Pages

Minggu, 19 Mei 2013

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 OFFLINE

Saat ini, hampir semua software memerlukan Microsoft .NET Framework untuk bisa dijalankan. Lalu, bagi kalian pengguna Windows 8, pernahkah mengalami kendala saat membuka / menginstal suatu software yang memerlukan .NET Framework 3.5?
berarti, dalam Sistem Operasi tersebut belum terpasang .NET Framework 3.5 karena Windows 8 hanya datang dengan .NET Framework versi terbaru yaitu .NET Framework 4.5. Bagaimana cara instalasinya? apakah caranya sama pada Windows XP atau pun Windows 7..? jawabannya adalah tidak. Lalu bagaimana caranya?

Jika kalian ingin menginstal .NET Framework 3.5 pada Windows 8 akan ada 2 pilihan yang diberikan, yang pertama adalah untuk menginstal .NET Framework 3.5 secara online atau mendownload ulang programnya yang besarnya hingga ratusan MB, sedangkan pilihan yang kedua untuk melompati instalasi atau dengan kata lain kita batal menginstalnya.

Maka dari itu, saya akan memberikan tutorial instalasi .NET Framework 3.5 secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet.

Langsung saja berikut tutorialnya:

1. Pertama, masukkan DVD Windows 8 atau mount file .iso DVD Windows 8 kalian,
2. Untuk mempermudah instalasi, copy folder sxs didalam folder source pada DVD Windows 8 kalian ke   drive C:,
3. Arahkan kursor mouse ke pojok kiri bawah, lalu tekan klik kanan dan pilih Command Prompt (Admin),
4. dalam cmd, ketikan kode seperti berikut:
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:C:\sxs /LimitAccess
5.  Tunggu hingga proses 100% selesai, dan silahkan mencoba software yang tadinya memerlukan .NET Framework 3.5

Solusi jika terdapat error:

terkadang saat proses instalasi, muncul sebuah error kode 0x800F0906 atau 0x800F081F atau pun error kode 0x800F0907. Berikut solusinya:
1. Jalankan Local Group Policy Editor or Group Policy Management Console dengan cara menekan bendera Windows+R pada keyboard, lalu ketikkan gpedit.msc
2. Dalam window yang muncul pilih Administrative Templates pada Computer Configuration, lalu pilih System. Cari Specify settings for optional component installation and component repair

3. Double klik pada Specify settings for optional component installation and component repair untuk membuka, kemudian klik Enable
4. Pada kolom Alternate source file path ketikkan C:\sxs kemudian klik OK.
5. Lakukan ulang tutorial instalasi .NET Framework 3.5 di atas!.

source: http://xsein9.blogspot.com/2013/02/cara-install-microsoft-net-framework-35.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN BERKOMENTAR APAPUN